Suri Penerbit Bandung

Bagikan ini informasi pada semua orang yang anda kenal, karena hanya kami yang menerbitkan buku-buku khusus untuk pendidikan bagi para mahasiswa dan guru-guru seluruh Indonesia, karena melalui anda masa depan pendidikan Indonesia akan lebih baik.

Senin, 08 November 2010

MENINGKATKAN KUALITAS SEKOLAH-SEKOLAH

Indonesia kini sedang dalam proses reformasi …sedang “membangun” di segala bidang – termasuk bidang pendidikan. Para pemimpin di setiap bidang (dari Pusat sampai Daerah-daerah) berusaha meraih kesuksesan … demi kesejahteraan seluruh bangsa !
Dalam buku ini, secara sistematik dideskripsikan 7 (tujuh) strategi utama yang dapat dipergunakan oleh para pemimpin pendidikan bersama guru-guru & para “stakeholder” nya … untuk meningkatkan kualitas pendidikan/pengajaran/pembelajaran peserta didik di sekolah-sekolah yang dipimpinnya.

STRATEGI PEMBELAJARAN

       Dalam buku ini dibahas tiga topik serangkai yang kini sedang “ngetrend”, yaitu (1) “Problem-based Learning” = Pembelajaran Berbasis-problema, (2) Berpikir Efektif atau “Effective Thinking”, dan (3) “Team Teaching” = Kemengajaran Tim atau “Cooperative Teaching” = Kemengajaran Kooperatif. Secara logis dirumuskan, bahwa jika para tenaga pengajar masa kini dan masa datang mau mengembangkan strategi pembelajaran berbasis-problema secara efektif, maka perlu digalakkan teknik berpikir efektif pada para peserta didik, dan demi efisiensi sebaiknya dikembangkan strategi “team teaching” di antara para tenaga pengajar sesuatu sekolah. Kesemuanya itu sangat bermakna dalam mempersiapkan peserta didik – generasi penerus bangsa – guna menghadapi berbagai tantangan hidup di era globalisasi dan liberalisasi yang makin merebak.

MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH

      Satuan Pendidikan (baca : Kepala- kepala Sekolah) pada  jenjang-jenjang Pendidikan  Dasar, Menengah, dan Tenaga-tenaga Pengelola Pendidikan di lingkungan Dinas Pendidikan – termasuk para  Penilik/Pengawas  Sekolah-sekolah – serta mereka  yang tertarik kepada usaha-usaha reformasi di bidang kependi-dikan/kepersekolahan dapat memper-gunakan  pula buku ini  untuk  merefleksikan berbagai faktor yang mempengaruhi perbaikan “performance” sekolah-sekolah – melalui implementasi  konsep “SBM” = “School-Based Management” (Pengelolaan Sekolah-sekolah secara “Mandiri”, berdikari) secara  konsisten dan kontinyu. Rupanya pengelolaan sekolah-sekolah  yang terdesentralisasi  ini (baca : sekolah-sekolah “SBM”) dapat berproses  dengan baik, apabila
(1) kondisi-kondisi keorganisasian mensuportnya, (2) sumber-sumber keorganisasian memadai, (3) dinamika-dinamika yang memungkinkan sekolah menjadi suatu komunitas  pembelajaran yang efektif, dan (4) kepemimpinan  konstruktivis  Kepala Sekolah yang tangguh. Itulah   pokok-pokok  pikiran yang  dibahas  dalam buku ini – sebagai  indikator-indikator  penyuksesan  penyelenggaraan “SBM”.

Rabu, 03 November 2010

VISI BARU

Buku ini – semula berupa “Diklat” – disusun sebagai suplemen untuk membantu para Mahasiswa peserta perkuliahan Bidang-bidang Studi Supervisi Pendidikan dan Seminar Supervisi Pendidikan yang kami berikan pada Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan –  IKIP Bandung.
            Pada edisi ke 2 ini, buku ini “di-review” dan dipandang masih relevan dan amat fungsional bagi para pengelola kependidikan – pada jenjang-jenjang Pendidikan Dasar & Menengah – untuk merefleksikan visinya tentang pengembangan profesional guru-guru ...  masa kini & masa datang.
Dalam konteks ini dikembangkan 3  (tiga) pilar pembaharuan atau perubahan untuk mempertajam pengembangan profesional visi baru bagi guru-guru – terutama pada jenjang-jenjang Dikdas & Dimen. Ke tiga  pilar itu adalah :
·         pendidikan berorientasi “result” (hasil-hasil);
·         berpikir sistem; dan
·         konstruktivisme.