Satuan Pendidikan (baca : Kepala- kepala Sekolah) pada jenjang-jenjang Pendidikan Dasar, Menengah, dan Tenaga-tenaga Pengelola Pendidikan di lingkungan Dinas Pendidikan – termasuk para Penilik/Pengawas Sekolah-sekolah – serta mereka yang tertarik kepada usaha-usaha reformasi di bidang kependi-dikan/kepersekolahan dapat memper-gunakan pula buku ini untuk merefleksikan berbagai faktor yang mempengaruhi perbaikan “performance” sekolah-sekolah – melalui implementasi konsep “SBM” = “School-Based Management” (Pengelolaan Sekolah-sekolah secara “Mandiri”, berdikari) secara konsisten dan kontinyu. Rupanya pengelolaan sekolah-sekolah yang terdesentralisasi ini (baca : sekolah-sekolah “SBM”) dapat berproses dengan baik, apabila
(1) kondisi-kondisi keorganisasian mensuportnya, (2) sumber-sumber keorganisasian memadai, (3) dinamika-dinamika yang memungkinkan sekolah menjadi suatu komunitas pembelajaran yang efektif, dan (4) kepemimpinan konstruktivis Kepala Sekolah yang tangguh. Itulah pokok-pokok pikiran yang dibahas dalam buku ini – sebagai indikator-indikator penyuksesan penyelenggaraan “SBM”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar