Suri Penerbit Bandung

Bagikan ini informasi pada semua orang yang anda kenal, karena hanya kami yang menerbitkan buku-buku khusus untuk pendidikan bagi para mahasiswa dan guru-guru seluruh Indonesia, karena melalui anda masa depan pendidikan Indonesia akan lebih baik.

Selasa, 28 Desember 2010

INVESMENT


Sebelum Indonesia merdeka, hanya sedikit pemuda yang melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi –  Ir. Soekarno di “Technische Hooge School”, kini ITB Bandung, Dokter Soetomo, dkk di STOVIA (Sekolah Kedokteran) Jakarta, dan lain-lainnya. Setelah Indonesia merdeka (Proklamasi, 17 Agustus 1945) makin banyak pemuda & pemudi bangsa membanjiri, masuk ke Perguruan Tinggi – Negeri (dikelola Pemerintah) & Swasta (dikelola Yayasan-yayasan Pendidikan Swasta).
Bagaimana kondisi pembiayaan, pendanaan institusi- institusi Perguruan Tinggi itu ? Institusi-institusi PTN (Perguruan Tinggi Negeri) jelas memperoleh subsidi dari Pemerintah Republik Indonesia, sedang PTS (Perguruan Tinggi Swasta) didanai oleh Yayasan-yayasan yang mendirikannya.
Memasuki abad ke 21, berkembang persaingan- persaingan yang semakin ketat :
·         seleksi (mahasiswa) memasuki perguruan tinggi; dan
·         membengkaknya biaya perkuliahan di perguruan tinggi.
Mengacu kepada “kemandirian” (autonomi) pergu- ruan tinggi dalam pengelolaannya – termasuk anggaran pembiayaannya – dewasa ini setiap institusi Perguruan Tinggi (Negeri atau Swasta) berusaha mmenuhi kebutuhan dana bagi pengoperasiannya. Pada poin ini, investmen (penanaman modal) terutama dari para pebisnis (pelaku-pelaku perusahaan) berperan penting.
Buku kecil ini mencoba membuka suatu wawasan pemikiran kritis perihal investmen termaksud … semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar